Ketahui Jenis-jenis Bahan Baju Gamis Agar Tak Salah Pilih

bahan baju gamis

Baju gamis adalah salah satu jenis busana dengan desain yang sedikit menyerupai bentuk tubuh, tapi tetap longgar. Busana ini tergolong tak terlalu lebar dan cenderung memiliki model lurus.

Seiring berkembangnya zaman dan mode di seluruh dunia, fesyen hijab satu ini pun kian banyak berinovasi. Mulai dari penambahan detail, manik-manik, dan model hijab yang semakin lama semakin modern.

Manfaat mengenakan baju gamis bagi muslimah

Baju gamis bagi seorang muslimah tentu bukan suatu hal yang baru. Bahkan, bisa dikatakan busana satu ini sebagai pakaian yang paling sering digunakan sehari-hari. Sebab, selain nyaman dikenakan, gamis juga memiliki banyak manfaat.

Dengan mengenakan busana tertutup seperti itu, tentu akan memberikan efek yang lebih positif bagi pemakainya. Tak hanya itu saja, mengenakan gamis juga bisa menghindarkan pandangan negatif dan menghindarkan seseorang dari tindakan buruk.

Oleh sebab itulah, busana muslim seperti halnya gamis ini jadi begitu penting dan cenderung dianjurkan, terutama bagi para wanita muslimah.

Bahkan, saat ini gamis bukan hanya dikenakan oleh para umat Muslim saja. Banyak juga orang dari berbagai kalangan yang mengenakannya untuk merayakan acara keagamaan, pernikahan, ataupun sekadar menghadiri acara keluarga.

Bahan baju gamis terbaik yang bisa dijadikan pilihan

Setelah mengetahui manfaat singkat dari baju gamis, Anda juga perlu mengenal jenis bahan gamis yang banyak di jual di pasaran. Berikut ini beberapa bahan yang paling populer di kalangan Muslimah.

Sutra

Tak sedikit gamis yang menggunakan jenis kain halus, seperti halnya sutra. Bahan yang terbuat dari serat alami ulat sutra ini memang memiliki banyak kelebihan. Mulai dari bahannya yang halus, dingin, dan memberikan kesan mewah saat dikenakan.

Jenis kain satu ini termasuk yang terbaik ketimbang bahan baju gamis lain. Jadi jangan heran jika harganya pun terbilang cukup mahal.

Sutra cina

Umumnya, kain jenis ini dibuat dari sutra yang ditenun secara sederhana. Kain sutra cina sangat ringan, tapi cukup tebal. Permukaannya lembut, polos, dan tidak bertekstur. Di pasaran, kain satu ini tersedia dengan lebar 1,2 meter – 1,5 meter.

Saudi

Jika dibandingkan dengan sutra cina, kain saudi memiliki karakteristik lebih halus dan dingin. Biasanya, kain ini memiliki lebar 1,5 meter yang tersedia dalam berbagai warna. Mulai dari cokelat, ungu, pink, hijau, dan juga hitam.

Wolpeach

Kain yang juga seringkali disebut dengan kain wolfis ini memiliki sifat lembut dengan karakter tebal sehingga tidak akan menerawang jika dikenakan. Sebagian orang mengenalnya dengan nama kain arab karena kerap digunakan sebagai bahan membuat gamis syar’i.

Satin

Bahan baju gamis satu ini merupakan versi sintetis dari kain sutra yang dibuat dari serat buatan, yaitu polyester. Permukaan bagian luarnya cukup licin dan mengilap. Bahan ini sering dipilih untuk membuat baju gamis terutama sebagai gaun pesta karena memberikan kesan glamor, anggun, dan elegan.

Katun

Keunggulan dari bahan ini adalah kainnya yang terasa dingin, warna tidak gampang luntur, mudah menyerap keringat, tidak mudah kusut, dan nyaman digunakan. Satu yang paling penting adalah harganya relatif terjangkau. Meski demikian, kain katun agak sedikit kaku dan rentan terhadap serangan jamur.

Jersey

Bahan baju gamis berikutnya adalah jersey. Karakter kain ini tebal, elastis, dan mudah jatuh. Hal inilah yang menyebabkan kain jersey seringkali jadi pilihan utama pembuatan baju gamis syar’i karena bahannya dingin dan tidak menerawang.

Sifon

Meski terkesan tipis, kain sifon sangat lembut, halus, dan cenderung licin. Meski demikian, saat dilipat bahannya terlihat kaku sehingga cocok digunakan untuk gamis syari’i karena terkesan mewah.

Serena

Bagi Anda yang awam dengan jenis-jenis kain, mungkin kain serena cukup asing terdengar di telinga. Namun sebenarnya, kain satu ini juga kerap jadi andalan pembuatan baju gamis karena bertekstur lembut, dingin, dan padat sehingga nyaman digunakan.

Jetblack

Kain jetblack adalah jenis bahan baju gamis yang memiliki permukaan polos dengan karakteristik lembut, ringan, dingin, dan tidak menerawang. Jenis kain ini biasanya diproduksi dengan lebar 1,15 meter dan hanya tersedia dalam satu varian warna saja, yaitu hitam.

Rayon

Umumnya, kain rayon cenderung kaku tapi cukup lembut, halus dan juga dingin. Hal ini membuatnya sangat pas dikenakan di daerah dengan iklim tropis. Biasanya, kain rayon digunakan untuk membuat gamis batik cap maupun batik printing.

Demikian beberapa jenis bahan baju gamis yang perlu Anda ketahui. Untuk mengetahui jenis dan model gamis terkini, Anda bisa mengunjungi waroenglaris. Selain memiliki beragam desain gamis yang bisa disesuikan dengan kebutuhan, Anda juga bisa mendapatkan banyak promo menarik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *