Mengenal Tren Baju Gamis di Kalangan Para Muslimah

Tren Baju Gamis

Baju gamis telah menjadi semacam tren bagi para Muslim di Indonesia. Hal ini tak lepas dari penduduk Indonesia yang memang mayoritas beragam Islam.

Apalagi dengan adanya tren hijrah di kalangan publik figur, seperti artis dan juga selebritis. Mereka inilah yang pada akhirnya turut mempopulerkan berbagai macam tren baju gamis.

Tentu hal ini menjadi kian menarik. Pasalnya, sebagian orang beranggapan bahwa baju gamis ini bukanlah produk agama melainkan hanya produk budaya dari bangsa tertentu.

Terlepas dari hal tersebut, pada kenyataannya banyak pula orang yang meyakini bahwa tren gamis ini sangat erat kaitannya dengan tradisi Muslim, Timur Tengah, khususnya bangsa Melayu.

Apa itu baju gamis?

Baju gamis merupakan baju tradisional khas Timur Tengah yang umumnya dikenakan oleh perempuan Arab untuk menutupi pakaian mereka. Gamis bisa dikatakan sebagai baju atau jubah lengan panjang penutup pakaian utama yang sengaja dibuat untuk menutup aurat. Pakaian ini sangat populer di negara-negara semenanjung Arab, seperti Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia.

Umumnya, baju gamis yang ada di sana menutupi seluruh bagian tubuh wanita, kecuali wajah, tangan, dan kaki. Perlu Anda ketahui, orang-orang Arab biasanya menggunakan niqab atau cadar untuk menutup wajah sesuai tradisi mereka sejak dahulu kala.

Jenis tren baju gamis yang populer di seluruh dunia

Pada dasarnya, baju gamis ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu abaya, tunik, dan gamis itu sendiri. Secara garis besar, abaya merupakan busana khusus wanita yang berbentuk terusan dan longgar. Model dan warnanya dibentuk khusus karena memang hanya diperuntukkan bagi kaum hawa.

Tunik bisa dikatakan sejenis dengan abaya. Tunik merupakan busana longgar yang menutupi bagian dada, lengan, dan tubuh hingga bagian bawah paha. Seperti halnya abaya, tunik juga khusus diperuntukkan bagi wanita saja.

Berbeda dengan busana gamis yang merupakan pakaian unisex sehingga dapat digunakan oleh wanita maupun pria. Bedanya, gamis untuk wanita dibuat kaya akan warna. Sementara gamis untuk pria hanya memiliki dua warna, yaitu hitam dan putih.

Bisa disimpulkan, baju gamis di Indonesia termasuk dalam jenis abaya. Pasalnya, jarang ada pria di Indonesia yang mengenakan gamis. Meski demikian, sebagian pria dari kalangan tertentu tetap mengenakan jenis pakaian ini di beberapa acara khusus.

Awal mula terciptanya baju gamis

Banyak orang percaya, baju gamis tercipta sekitar 4000 tahun lalu. Namun, perkembangannya baru tampak saat Islam mulai berjaya pada abad ke-7 masehi. Gamis dan jilbab memang diadopsi dari kebiasaan para wanita Arab yang kemudian berkembang sedemikian rupa sehingga menjadi gamis yang dikenakan saat ini.

Di zaman dulu, gagasan penggunaan pakaian tertutup lebih pada tingkatan sosial ketimbang agama tertentu. Para wanita di kasta terendah tidak diperbolehkan mengenakan pakaian tertutup seperti gamis. Berbeda dengan wanita kalangan atas yang diperbolehkan menutup seluruh tubuhnya menggunakan gamis ini.

Perkembangan tren baju gamis di Indonesia

Biasanya, perkembangan tren gamis di berbagai negara diikuti dengan budaya atau tradisi lokal masing-masing, seperti halnya baju gamis di Indonesia. Jika di Arab umumnya baju gamis berwarna hitam atau putih, maka di Indonesia lebih bervariasi warnanya. Campuran warna orange, ungu, ataupun pink jadi perpaduan yang sangat lazim ditemukan di Indonesia. Bahkan, tak sedikit pula baju gamis bermotif batik nan cantik.

Kebanyakan produsen baju gamis memproduksi barangnya sesuai kebutuhan pasar. Begitu juga dengan jilbab gamis yang terdiri dari berbagai macam kreasi agar tidak terkesan monoton dan tetap terlihat modis.

Jika diperhatikan, tren baju gamis di Indonesia terdiri dari berbagai jenis, mulai dari yang elegan hingga sederhana tapi tetap anggun. Namun ketahuilah, hal itu merupakan cara marketing dari produsen untuk para konsumennya agar tetap terlihat eksklusif dan tidak pasaran. Sesungguhnya, konsumen akan cenderung lebih mengingat brand yang produknya memiliki istilah khusus ketimbang yang menggunakan istilah umum.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai tren baju gamis. Tahukah Anda, saat ini tak perlu lagi repot mencari baju gamis favorit. Sebab, waroenglaris menawarkan beragam gamis trendi dengan ukuran dan harga bervariasi. Jadi, selamat berbelanja!

Sebuah gambar berisi cuplikan layar

Deskripsi dibuat secara otomatis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *